6 Cara Menghilangkan Bau Keringat secara Alami Ampuh

6 Cara Menghilangkan Bau Keringat secara Alami Ampuh

Cara Menghilangkan Bau Keringat secara Alami Ampuh

Cara menghilangkan bau keringat tentu banyak dicari oleh masyarakat mengingat bau keringat cukup mengganggu dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman baik untuk diri sendiri dan orang sekitar. 

Namun jangan khawatir, karena ada banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau keringat. Semua akan kami rangkum pada penjelasan kali berikut ini. 

Cara Menghilangkan Bau Keringat yang Terbukti Ampuh

Perlu diketahui, sebenarnya keringat tidak menyebabkan bau. Adapun bau yang muncul terjadi ketika bakteri di pori-pori kulit berkembang biak lalu memecah protein dalam keringat menjadi asam. Bakteri itulah yang membuat tubuh kita bau saat berkeringat. Cara mengatasi agar ketiak tidak berkeringat adalah dengan cara jangan melakukan aktivitas yang banyak menggunakan gerakan tangan dan berat.

BACA JUGA : Daftar Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Untuk menghilangkan bau keringat, cobalah ikuti tips dan cara menghilangkan bau keringat yang terbukti ampuh:

1. Menggunakan Daun Sirih

Bahan alami pertama yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau keringat adalah daun sirih. Hal ini karena daun sirih memiliki senyawa antioksidan yang cukup besar. Selain itu, terdapat pula kandungan karoten, tiamin, vitamin C, niacin, serta riboflavin yang berfungsi mencegah munculnya bakteri di kulit penyebab keringat tak sedap. Daun sirih merupakan salah satu cara membuat agar keringat tidak bau yang ampuh.

Cara menggunakannya, ambil 5 – 7 daun sirih dan rebus dalam sebuah panci hingga warna air berubah kehijauan. Setelah itu, campurkan air rebusan daun sirih dengan air yang akan digunakan untuk mandi. Kemudian lanjutkan dengan membilas tubuh hingga bersih. Nah bagi kalian yang ingin melakukan cara menghilangkan bau ketiak pada baju tanpa dicuci , bisa menggunakan daun sirih ya.

2. Bawang Putih

Berbicara mengenai metode menghilangkan bau keringat, maka bawang putih menjadi salah satu bahan alami yang paling cocok digunakan untuk mengatasi bau badan tak sedap. Tak hanya memiliki kandungan antioksidan tinggi, bawang putih juga mengandung allicin yang mencegah munculnya bakteri penyebab bau tubuh. Ternyata bawang putih merupakan salah satu cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat secara alami dan natural.

Cara menggunakannya, ambil 3 siung bawang putih lalu haluskan. Kemudian oleskan di bagian tubuh yang rawan menyebabkan bau keringat seperti leher, ketiak, perut, dan sebagainya. Diamkan selama 5 menit lalu bilas menggunakan air bersih. 

3. Daun Jambu Biji

Seperti halnya daun sirih, daun jambu biji juga ampuh mengatasi bau keringat membandel di tubuh Anda. Kandungan anti bakteri serta mineral pada daun jambu biji sangat ampuh menghilangkan bau keringat. Dengan menggunakan dauh jambu biji, ini termasuk cara mengatasi ketiak yang selalu berkeringat loh.

Caranya, ambil 4 – 5 lembar daun jambu biji, lalu cuci hingga bersih dan tiriskan. Tumbuk daun tersebut dan oleskan di bagian kulit tertentu penyebab bau keringat. Diamkan selama 10 – 15 menit kemudian bersihkan dengan air. 

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara menghilangkan bau keringat secara alami yang selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini karena apabila asupan cairan di tubuh tercukupi, maka tubuh dapat mengeluarkan keringat dengan lancar melalui pori-pori. Kondisi tersebut akan memperkecil resiko keringat tersumbat sehingga menyebabkan bakteri memecah protein dalam keringat yang menimbulkan bau tak sedap. Air putih termasuk kedalam salah satu cara menghilangkan keringat bau asem dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak. Air putih juga diyakini sebagai salah satu tips menghilangkan burket pada ketiak yang sering dialami. Nah, mulai sekarang segeralah mengkonsumsi air putih karena merupakan cara agar badan tidak bau keringat ya.

5. Daun Kemangi

Tak hanya digunakan sebagai lalapan, daun kemangi juga memiliki khasiat tersembunyi sebagai bahan penghilang bau keringat secara alami. Pasalnya daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri alami yang dapat mencegah dan menghilangkan bau badan. Selain itu, daun kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik alami yang bagus untuk kesehatan. 

Dalam hal ini, cukup konsumsi beberapa lembar daun kemangi dan jadikan sebagai lalapan di pagi dan sore hari. Apabila Anda tidak menyukainya, maka oleskan daun kemangi di bagian tubuh yang memiliki resiko mengeluarkan bau tak sedap. Daun kemangi juga merupakan obat bau badan secara alami.

6. Jahe

Meskipun umumnya digunakan sebagai bahan masakan atau minuman, namun ternyata jahe memiliki khasiat lain yakni sebagai penghilang bau tubuh tak sedap. Hal ini lantaran jahe mengandung minyak atsiri, filandrena, kurkumin, zingiberol, resin, dan bisabolene yang baik untuk kesehatan tubuh serta menekan produksi bakteri jahat penyebab bau badan. Jahu merupakan tips alami menghilangkan bau badan yang digunakan oleh orang zaman dulu. Penggunaan jahe diyakini dapat dijadikan sebagai cara biar keringat tidak bau dan tidak basah.

Konsumsi jahe hangat secara rutin selain dapat memberikan kesegaran pada tubuh, juga mampu menghilangkan bau keringat yang tak kunjung hilang. 

Itulah beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau keringat membandel. Selain metode di atas, Anda pun harus selalu menjaga kebersihan tubuh, pakaian, dan memperbaiki pola makan. Cara - cara yang disebutkan diatas tadi merupakan cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara alami. Jauhi pula kebiasaan buruk yang dapat memicu gangguan pada kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. 

Share on Google Plus

About Admin

Portal Berita Seluruh Dunia Dan Fenomena Unik

0 comments:

Posting Komentar